Welcome

Saturday 23 January 2016

Contoh Presentasi Makalah Peluang dan Tantangan Karir Administrasi Perkantoran Dimasa Yang Akan Datang. part2



Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor
Adapun jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan dikantor, sebagai berikut: 
  Menghimpun
         Contohnya: Menggunakan data, mencari informasi, membuat kliping, serta mengumpulkan beita, dan                                menyusunnya. 
  Mencatat
            Contohnya: Membuat surat, notula, mencatat kegiatan dan membuat tulisan diberbagai media. 
  Menggandakan
            Contohnya: Photo Copy, mencetak informasi dengan printer atau Risograps. 
  Mengirim
            Contohnya: Mengirim surat lewat pos, faksmile, e-mail dan mendistribusikan informasi. 
  Menyimpan
            Contohnya: mentimpan surat/arsip, menyimpan data informasi kekomputer dan menyusun buku                            perpustakaan. 
 Melakukan Komunikasi
            Contohnya: Bertelepon,korespondensi, chatting, dan teleconference. 
  Menghitung
            Contohnya: Menghitung data penjualan dan jumlah srana dan prasarana. 
  Pekerjaan Lainnya
            Contohnya: Pelayanan tamu, kurir, dan petugas kebersihan

Karir
Karir adalah sebuah kata dari bahasa Belanda carriere adalah perkembangan dan kemajuan dalam pekerjaan seseorang. Ini juga bisa berarti jenjang dalam sebuah pekerjaan tertentu.
            Karier merupakan istilah yang didefinisikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai perkembangan dan kemajuan baik pada kehidupan, pekerjaan atau jabatan seseorang. Biasanya pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang mendapatkan imbalan berupa gaji maupun uang.

Peluang
Peluang adalah harapan terjadinya suatu kejadian yang dikuantitatifkan.
Jadi peluang dalam Karir adalah Harapan terjadinya suatu kejadian yang dikuantatifkan dalam tercapainya suatu pekerjaan atau jabatan.
Dikuantitatifkan maksudnya adalah membuat deskripsi objektif tentang fenomena terbatas dan menentukan apakah fenomena tersebut dapat dikontrol melalui beberapa intervensi. Fenomena disini maksunya adalah jumlah peluang/ kesempatan yang muncul dan bisa dimanfaatkan.



Tantangan
Tantangan adalah suatu hal atau bentuk usaha yang memiliki tujuan untuk menggugah kemampuan.
Jadi, Tantangan dalam karir adalah suatu hal atau bentuk usaha yang memiliki tujuan untuk menggugah kemampuan dalam tercapainya suatu pekerjaan atau jabatan yang menjadi sebuah tujuan.

Karir Administrasi Perkantoran
Dalam karir administrasi ada beberapa karir yang dapat dijalani sesuai dengan jurusan. Berikut adalah karir yang dapat dijalani oleh administrasi perkantoran, sebagai berikut:
1.Seketaris.
2.Staf Administrasi disuatu lembaga atau perusahaan.
3.Wirausahawan

Seketaris
Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya. Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan pengaturan agenda. Mereka biasanya bekerja di belakang meja. Sebagian besar sekretaris adalah wanita.
Di dunia kerja saat ini ada lagi profesi yang merupakan perkembangan dari sekretaris yaitu asisten pribadi (PA atau Personal Assistant). Perbedaan dari PA dan sekretaris adalah PA lebih bertanggung jawab untuk satu orang saja, dalam hal ini eksekutif atau bos yang mempekerjakan dirinya. Sedangkan sekretaris lebih bertanggung jawab kepada perusahaan secara umum.
Namun di beberapa perusahaan, tentu saja hampir tidak ada perbedaan di antara sekretaris dan PA . Seperti contohnya  di Indonesia, umumnya sudah menjadi kebiasaan bila sekretaris kadang juga membantu hal-hal personal dari si bos yang berhubungan dengan kerja. Lain halnya misalnya di Hongkong contohnya di mana dunia kerja di sana lebih profesional. Perbedaan antara PA dan sekretaris ini sangat kentara.
Sekretaris identik pula dengan mode dan gaya dalam berbusana ke kantor. Sudah menjadi rahasia umum bila sekretaris mempunyai tampilan yang menarik sebagai citra dari atasan yang diwakilinya.

Pekerjaan seketaris
            Adapun pekerjaan yang harus dilakukan soerang seketaris, adalah sebagai berikut: 
Menangani Telepon
Menerima Tamu 
Menangani Kas Kecil
Mengambil Dikte dan Melatinkan
       Mendikte menurut KBBI adalah, sebagai berikut:
            (1) menyuruh orang menulis apa yang dibacakan atau dikatakan;
  (2) Kiasan menyuruh berbuat dan menurut saja seperti yang dikatakannya (dengan tidak boleh membantah): jangan terus mendikte , berikan kepadanya kebebasan berpikir
Sedangkan melantikan adalah adalah menerjemahkan dari sebuah dikte, kata, ucapan, dan sebagainya.
Menyimpan Surat
Dll.

Pengelompokan pekerjaan  seketaris
Berikut adalah pengelompokan pekerjaan untuk seketaris: 
  •  Tugas-Tugas Yang Bersifat Rutin.
  •  Tugas-Tugas Khusus
  •   Tugas-Tugas Yang Bersifat Kreatif. 
  • Melakukan Hubungan Dan Kerja Sama

Seketaris harus menggunakan komunikasi yang efektif
Adapun Kriteria komunikasi yang efektif, sebgai berikut:
  • Penerima mengerti atau memahami isi Pesan.
  • Penerima dapat menerima atau menyetujui isi pesan.
  • Penerima mengadakan suatu tindakan(aksi), sesuai dengan yang dikehendaki oleh pengirim.

Tantangan Seketaris
Adapun tantangan bagi seorang seketaris, adalah:
  • Dapat menjalankan tugas yang diberikan oleh pimpinan
  • Dapat berkomunikasi dengan pimpinan dan client
  • Dapat memanfaatkan teknology terbarukan guna mendapatkan hasil kerja yang memuaskan

Syarat Seketaris Yang Mempunyai Kesuksesan 
Adapun syarat yang harus dipenuhi agar sukses dalam berkarir:
  • Mempunyai Sikap sopan dan santun.
  • Mempunyai Keterampilan Surat Menyurat
  • Mempunyai Kemampuan dalam mengelola Kas Kecil
  • Pandai Dalam Berbahasa
  • Kreatif

Staf Administrasi Perkantoran
Staf administrasi perkantoran, adalah staf yang bertanggung jawab mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi suatu perusahaan atau lembaga.
Staf administrasi juga bertanggung jawab untuk semua urusan administrasi dalam sebuah perusahaan atau lembaga.

Jabatan Administrasi Dalam Dunia Industri 
Adapun jabatan administrasi dalam dunia industry, sebagai berikut:
  • Menejer Administrasi
  • Menejer Kantor
  • Supervisor
  • Staf Administrasi Produksi
  • Staf Administrasi Dokumen
  • Staf Administrasi Operasional
  • Staf Administrasi Ekspo Impor

Tantangan Staf Administrasi Perkantoran 
Adapun tantangan yang harus dihadapi staf administrasi, sebagai berikut:
  • Harus menjadi orang yang metodis
  • Memiliki ketelitian
  • Dapat mengurus organisasi dengan baik
  • Objektiv
  • Mengusai teknology untuk meningkatkan kinerja kerja
  • Berpengetahuan dan wawasan yang luas
  • Memiliki kecerdasan intelektual
  • Memiliki kecerdasan logika

Pengetahuan dan Wawasan Yang Harus Diketahui Staf Administrasi 
Adapun pengetahuan dan wawasan yang harus dimiliki staf administrasi, sebagai berikut:
  • Pengetahuan akan bidang usaha perusahaan
  • Pengetahuan akan produk perusahaan
  • Pengetahuan akan rekanan pimpinan
  • Pengetahuan akan pesaing perusahaan

Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Menambah Pengetahuan dan Wawasan 
Adapun cara agar pengetahuan dan wawasan dapa bertambah. Berikut adalah cara-caranya:
  • Banyak membaca dan mengikuti perkembangan dari berita-berita surat kabar dan media lainnya
  • Banyak mengikuti forum, workshop, seminar, pelatihan, kursus, diskusi, dan lainnya
  • Belajar menggunakan isi pemikiran dalam bentuk tulisan

Seorang Staf Administrasi Perlu Memperhatikan Kecerdasan Logika Dalam Emosi 
Adapun yang perlu diperhatikan oleh seorang staf administrasi, antara lain:
  • Meningkatkan profesionalisme kerja dan lingkungan kerja yang nyaman
  • Mampu menggunakan emosi secara efektif untuk mencapai tujuan(pengendalian emosi)
  • Memahami emosi orang lain

Wirausahawan 
       Wirausahawan adalah seseorang yang berwirausaha dan ia mampu membuka lapangan kerja yang baru.
       Wirausahawan juga menggunakan kemampuan administrasinya untuk mengelola usahanya serta mengembangkannya agar lebih besar dan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan yang ia buka.

Manfaat Menjadi Berwirausaha 
Adapun manfaat menjadi seorang berwirausaha, sebagai berikut:
  • Tidak perlu mencari pekerjaan
  • Dapat membuka lapangan pekerjaan
  • Usaha dikelola sendiri
  • Keuntungan lebih besar
  • Dapat berinovasi kapan pun
  • Kandali perusahaan ditangan sendiri

Tantangan Wirausahawan 
Adapun tantangan yang dihadapi seorang wirausaha, sebgai berikut:
  • Modal
  • Memperluas Pasar Produknya
  • Banyaknya pesaing yang harus ia lawan
  • Harus pandai membuat produk yang menarik
  • Harus mempunyai keratifitas yang tinggi
  • Harus pandai mencari channel
  • Harus berinovasi setiap saat
  • Harus pandai memanfaatkan SDM yang baik
  • Memanfaatkan iptek sebaik mungkin

Kesimpulan
Sekarang pilihan ada pada kalian
Mau Jadi Apakah Kalian Dimasa Yang Akan Datang Seketaris, Staf Administrasi, atau Wirausahawan. Semua Pilihan Ada Peluangnya Dan Tantagan Yang harus Kalian Hadapi
“Jadi Tentukan Pilihanmu Dengan Bijak”
Pepatah pernah mengatakan “Kesempatan Tidaklah Datang Dua Kali”.
Jadi pilihlah dan tentukan dengan memperhatikan segala faktor dan berorientasilah kedepan.


No comments :

Post a Comment

Dimohon Kritik dan Sarannya.